PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAR DI KLASIS KOTA KUPANG TIMUR
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dibingkai dalam bentuk pelatihan ini didasarkan pada kenyataan bahwa seseorang bisa menjadi guru Pelayanan Anak dan Remaja (PAR) tanpa melihat tingkat pendidikannya. Latar belakang pendidikan guru PAR di Klasis Kota Kupang Timur beragam, mulai dari SMA, D3, S1 dan S2. Seseorang bisa menjadi guru PAR hanya karena panggilan pelayanan. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung kebaktian Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Jemaat Benyamin Oebufu dan berlangsung selama 2 hari. Ada 5 orang narasumber yang dipercayakan memberikan materi dan pelatihan bagi 35 orang peserta kegiatan. Hasil pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan ini menunjukkan bagwa guru PAR di Klasis Kota Kupang Timur mendapatkan tambahan pengetahuan tentang kurikulum PAR serta mendapatkan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran. Guru PAR terlatih untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi berupa Autentic Helathy serta media pembelajaran Top Up.
Downloads
References
Haryanto, ‘Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertian- pendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017 8’, Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidik. Anak Putus Sekol. Dalam Program Wajib Belajar 9 Tahun Desa Sungai Kakap Kabupaten Kebun Raya, 2012.
R. Fitri and R. Indahyanti, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sentra Pada AUD Di Kelas B TK Nurhidayah Barru’, DIKDAS MATAPPA J. Ilmu Pendidik. Dasar, 2020, doi: 10.31100/dikdas.v3i2.807.
J. M. Werner and R. L. Desimone, Human Resource Development 6th Edition. 2012.
A. Sopian, ‘TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN’, Raudhah Proud Be Prof. J. Tarb. Islam., 2016, doi: 10.48094/raudhah.v1i1.10.
I. I. T. Tefbana, S. R. Hana, T. Supartini, and H. Wijaya, ‘Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak : Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat GPdI El-Shaddai Makassar’, Didache J. Christ. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 205–221, 2020, doi: 10.46445/djce.v1i2.360.
Y. E. Tanaem and I. M. Djira, ‘Manajemen Badan Pengurus dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAR GMIT Benyamin Oebufu’, KENOSIS J. Kaji. Teol., 2021, doi: 10.37196/kenosis.v1i1.191.
Kementerian Pendidikan RI, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru’, pp. 1–31, 2007.
Kementerian Pendidikan RI, ‘Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan’, 2007.
Suratman and E. Eriyanti, ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 2020, Palembang, Jan. 2020.
Kristiono, Tanto and Perdana, Deo Putra, ‘Hambatan Dan Pelayanan Guru Sekolah Minggu Di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta’, J. Teol. Gracia Deo, vol. 1, no. 2, pp. 90–100, 2019.
P. H. Vieth, The church and Christian Education, Second. United States of America: Cooperative Publishing Association by the Bethany press, 1947.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.